by

Polipangkep Kembali Raih Pendanaan PKM Tahun 2024

POLIPANGKEP.AC.ID, PANGKEP — Setelah meraih pendanaan 2023 lalu, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) kembali berhasil meraih Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Vokasi Tahun 2024.

PKM merupakan program kegiatan untuk mahasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud) dalam meningkatkan mutu peserta didik mahasiswa di perguruan tinggi yang dilaksanakan pada 3 Maret 2024.

Selama proses seleksi, dalam hal ini Polipangkep telah dinyatakan lolos seleksi proposal dan meraih pendanaan bagi 6 tim pengusul mahasiswa dari 2 skema yakni skema pendanaan dan skema insentif dan dari berbagai program studi (Prodi) yang berbeda. Setiap tim didampingi oleh masing-masing dosen pembimbing.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polipangkep, Nur Rahmawaty Arma mengucap terima kasih kepada pihak yang berkontribusi atas pencapaian ini.

“Terima kasih kepada rekan-rekan dosen politani yang telah bekerja sama, meluangkan waktu, pikiran dan tenaga dalam membimbing mahasiswa untuk mengikuti PKM ini serta mahasiswa Politani yang berhasil meraih pendanaan,” ungkapnya.

Arma juga berharap agar kedepannya Polipangkep tetap kembali memenangkan pendanaan PKM tahun berikutnya dan mahasiswa lebih bersemangat untuk turut andil mengikuti kompetisi serta lebih memperkembangkan ide inovasinya.

Selain itu, Masdah selaku peserta lomba artikel ilmiah juga menyampaikan rasa bangga dan bahagia telah terpilih menjadi pemenang artikel karya ilmiah terbaik yang bisa lolos.

“Kami tidak menduga bisa lolos karena pengalaman dari tahun kemarin kami telah mencoba beberapa kali lomba PKM tetapi gagal dan kami bersyukur tahun ini kami bisa lolos”, tutupnya.

Berikut nama mahasiswa yang berhasil lolos terdiri dari 6 tim mahasiswa dari kedua skema;

Prodi Agroindustri, Riskyana dan Tim, PKM – Riset Eksakta dengan Judul “Efektivitas Formulasi Silica Gel Sekam Padi dan Minyak Atsiri Sereh Wangi Terhadap Hama Sitophilus Zeamais Pada Penyimpanan Benih Jagung” yang dibimbing oleh Mariani, S.T.P.,M.P.

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Pajri dan Tim, PKM – Karsa Cipta dengan judul “Smart Dryer Cocoa Bean Portable: Integrasi Sensor loT dan Kontrol Otomatis untuk Efisiensi dan Kualitas Biji Kakao” yang dibimbing oleh Andi Besse Poleuleng, S.P.,M.P.

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Hortikultural, Nur Annisa dan Tim, PKM – Penerapan Iptek dengan judul “Penerapan Hidroponik Ebb-Flow Teknologi Bell-Siphon dan Tenaga Surya Untuk Produksi Sayuran Yang Ekonomi dan Hemat Energi” yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Kadir, S.P., M.P.

Prodi Teknologi Budi Daya Perikanan, Masdah dan Tim, PKM – Artikel Ilmiah dengan judul “Hati Sapi Sebagao Substitusi Cacing Laut Padapakaninduk Udang Windu (Penaeus Monodon) untuk Meningkatkan Fekunditas dan Produksi Naupli” yang dibimbing oleh Nur Rahmawaty Arma, Ph.D.

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura, Tresianti dan Tim, PKM – Artikel Ilmiah dengan judul “Pemanfaaatan Fitohormon Untuk Produksi Bibit Kentang (Solanum Tuberosum L.) Sehat Melalui Kultur Jaringan” yang dibimbing oleh Sitti Inderiati, S.P., M.Biotech.

Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Nur Fauziyah dan Tim, PKM – Artikel Ilmiah dengan judul “Tingkat Simbiosis Cendawan Mikoriza Arbuskula dan Rhizobium Setelah Aplikasi Pupuk Hayati Mikoriza dan Kompos Limbah Jagung Pada Tanaman Kacang Tanah” yang dibimbing oleh dosen pembimbing Dr.Zahraeni Kumalawati, S.P.,M.P.

(MAN) (AA)

News Feed