oleh

Agribisnis Peternakan

Memasuki era globalisasi dan menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0, maka Program studi agribisnis peternakan hadir untuk meningkatkan kualitas sumberdaya yang dimiliki sehingga mampu menghasilkan output berkualitas yang berdaya saing tinggi. Prodi Agribisnis Peternakan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai etika/moral, budi luhur, kepekaan dalam menangkap berbagai isu sosial, pengembangan berpikir kiritis dan kepekaan menangkap peluang-peluang agribisnis peternakan, juga dimaksudkan untuk menciptakan alumni dengan gelar Sarjana Terapan Peternakan (S.Tr.Pt). Tema strategis pengembangan Program Studi Agribisnis ditekankan Program studi agribisnis peternakan sebagai agen alih teknologi dan inovasi, dalam perkembangan kiprahnya di tingkat masyarakat dituntut untuk menghasilkan produk-produk berkualitas, baik dalam hal lulusan, sistem pendidikan yang dikembangkan maupun tingkat kontribusinya pada pembangunan dalam arti luas. Dalam mengemban misi tridharmanya, Prodi Agribisnis Peternakan dituntut menghasilkan output dan outcome berupa lulusan yang kompeten yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemecahan berbagai persoalan yang berkembang di bidang peternakan, serta pengabdian berupa tenaga maupun pemikiran dari stafnya yang mampu meningkatkan kemandirian masyarakat peternak khususnya dalam pengembangan peternakan. Oleh sebab, itu maka disusun buku kurikulum yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian. Penyusuan kurikulum program studi Agribisnis Peternakan berdasarkan pada Undang-Undang Sisdiknas Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no. 30 tahun 2006.

Visi :

Menjadi pusat pendidikan vokasi dalam bidang Agribisnis Peternakan yang Inovatif, Unggul, Berbudaya, Berbasis Industri dan Berkearifan Lokal Pada Tahun 2030

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang menjunjung tinggi asas agama dan budaya yang diatur dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia guna menghasilkan lulusan yang berkarakter jujur, cerdas, peduli, tanggungjawab, beretos kerja tinggi dan memiliki jiwa pemimpin yang mengayomi serta sadar akan kondisi sosial masyarakat
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan sistem kurikulum yang berbasis sumber daya lokal dan industri guna menghadapi revolusi industri 4.0
  3. Melaksanakan penelitian dan mendesiminasi hasil penelitian tersebut guna mengembangkan Ilmu, Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam bidang agribisnis peternakan yang unggul dan kompetitif
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan ipteks terapan dalam rangka menyediakan lapangan kerja dalam bidang peternakan dan meningkatkan kesejahteraan peternak melalui pola pendampingan Desa Binaan sebagai epicentrum pendidikan keterampilan peternak.
  5. Membangun kerjasama dengan Kelompok Ternak hingga industri peternakan, pemerintah desa hingga provinsi, nasional bahkan internasional demi terciptanya pendidikan yang unggul.

Program Studi Agribisnis Peternakan diharapkan mampu menghasilkan output dan outcome berupa lulusan yang kompeten yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemecahan berbagai persoalan yang berkembang di bidang peternakan, serta pengabdian berupa tenaga maupun pemikiran dari stafnya yang mampu meningkatkan kemandirian masyarakat peternak khususnya dalam pengembangan peternakan.

Lama pendidikan yakni 4 Tahun (8 Semester) dengan pembagian 6 Semester belajar di kampus dan 2 Semester Magang Industri.

Dukungan Sumber Daya Manusia diantaranya 2 orang dosen bergelar Doktor, 12 orang Dosen dengan gelar Magister, dan Pranata Laboratorium Pendidikan 2 orang.

Fasilitas Pendukung diantaranya :

  1. Laboratorium Kimia dan Nutrisi Pakan
  2. Laboratorium Biologi
  3. Laboratorium Kewirausahaan
  4. Kandang Unggas
  5. Kandang Ternak Sapi
  6. Laboratorium Pengembangan Kebun Rumput

News Feed