by

Politani Pangkep dan 3 Kampus Internasional Gelar Penutupan Acara Pertukaran Mahasiswa Pangkep

-Berita-309 views

POLIPANGKEP.AC.ID – Politani Pangkep – Setelah satu bulan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Virtual Student Exchange Batch 1, tiba saatnya mahasiswa yang berasal dari 4 perguruan tinggi yakni Politani Pangkep, Capiz State University (CAPSU) Filipina, Iloilo Science and Technology University (ISAT U) Filipina, dan Politeknik Nilai Malaysia mengakhiri masa pertukaran mahasiswa secara virtual.

Sebagai ungkapan terima kasih dan menandai selesainya program ini, Politani Pangkep menggelar closing ceremony di Gedung Smart New Lecture Theatre pada Senin (19/09/2022). Dalam acara yang berdurasi 1 jam 30 menit, mahasiswa dari 4 kampus tersebut menyampaikan testimoni mengenai betapa banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan pertukaran ini.

Antusiasme mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa virtual ini cukup tinggi, dilihat dari banyaknya jumlah mahasiswa yang berpartisipasi.

Pertukaran bidang perkebunan melibatkan 22 mahasiswa CAPSU dan 8 mahasiswa Politani Pangkep, bidang perikanan terdapat 21 mahasiswa CAPSU dan 11 mahasiswa Politani Pangkep, bidang bisnis administrasi diikuti 20 mahsiswa CAPSU dan 7 mahasiswa Politani Pangkep.

Angka terbanyak ada pada bidang peternakan (animal science) yang diikuti hingga 25 mahasiswa asal Politani Pangkep dan 20 mahasiswa CAPSU.

Pertukaran bersama ISAT U diikuti 25 mahasiswa internasional dan 3 dari Politani Pangkep, sedangkan bersama Politeknik Nilai Malaysia terdapat 12 mahasiswa, masing-masing 6 dari Polinilai dan 6 dari Politani Pangkep.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pembelajaran mahasiswa.

Direktur Politani Pangkep, Dr. Darmawan, M.P. menyampaikan bahwa program ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk menambah wawasan dan belajar di luar kampus asalnya masing-masing.

“Selain belajar beberapa mata kuliah yang mereka tempuh, mahasiswa juga dapat belajar beragam kekayaan budaya negara-negara ASEAN dari program ini.”, ujarnya.

Harapannya setelah diadakan program ini, mahasiswa bisa memiliki spirit of unity sehingga membentuk pribadi yang tangguh di era digital.

Lebih lanjut Direktur Politani Pangkep berharap agar program ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Semoga Program ini semakin berkembang, bahkan mencakup bidang yang lebih luas seperti pertukaran dosen, kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah bersama. Kita semua percaya bahwa melalui pendidikan, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi yang akan datang”, tegasnya.

Pembantu Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Nur Rahmawaty Arma, M.Sc., Ph.D. menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus
kepada semua pihak yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam penyelesaian Program Pertukaran Mahasiswa ini. “Wawasan, niat baik, dan kerja sama semua pihak dapat membuat program ini menyenangkan bagi setiap mahasiswa serta dosen dalam menemukan pengalaman baru,” ujarnya

Sementara itu, salah satu mahasiswa student exchange Cedie Boreros asal CAPSU Filipina mengaku sangat terkesan dengan program ini. “Saya mendapatkan banyak wawasan baru dan lebih percaya diri.

Oleh karena itu saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada SEAMEO SEATVET selaku organisasi pelaksana. Terima kasih Politani Pangkep, sampai jumpa lagi”, ucapnya.

Program ini semakin menguatkan komitmen Politani Pangkep menuju kelas dunia dengan membekali mahasiswa pengetahuan yang luas dan pengalaman belajar di kampus internasional bersama dosen asing yang tentunya berdampak pada penguasaan soft skills seperti kemampuan komunikasi.

News Feed