Profil Singkat PPID
Diposting tanggal: 31 Agustus 2018

Salah satu implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Ketebukaan Informasi Publik, mendorong setiap badan publik untuk mengadopsi, mengatur skema publik dan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID. Skema publik memfasilitasi pemberitaan yang mendukung informasi, memainkan peranan penting dan memberikan keterbukaan yang lebih luas dan transparan dalam sektor publik. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep merupakan salah satu Badan Publik (BP) yang berada di bawah Koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Salah satu harapan dibentuknya PPID Politeknik Pertanian Negeri Pangkep bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Surat Keputusan Direktur Nomor: 937/PL22/KP/2018 Tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Petugas Informasi di Lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Surat Keputusan (SK) ini diterbitkan dengan mengikutkan Peraturan Direktur Nomor: 938/PL22/KP/2018 Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Informasi mengenai regulasi dapat diperoleh pada website Komisi Informasi. Adapun dokumen regulasi pemerintah mengenai keterbukaan informasi publik dapat anda lihat pada tautan ini.

Selanjutnya PPID ini diharapkan dapat digunakan menjadi Informasi Publik pada semua tingkatan pengelola pada satuan kerja di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) di lingkungan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dan Masyarakat Khusus Sulawesi Selatan.

 

Tautan-tautan:

SK Pengangkatan PPID Politani Pangkep

Peraturan Direktur Tentang Tupoksi PPID