Selasa, 18 Desember 2018 - 12:32:33 WIB
Penghargaan Kemristek: Pangkep Pemberi Beasiswa Terbanyak di Indonesia
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: KERJASAMA - Dibaca: 103 kali

MAKASSAR - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kabupaten Pangkep. Prestasi tersebut yakni penghargaan dari Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, karena menjadi satu-satunya daerah pemberi beasiswa paling banyak di Indonesia. 

"Pemerintah pusat mengapresiasi kita sebagai pemberi beasiswa mahasiswa dengan jumlah penerima terbanyak se-Indonesia. Dalam penilaian, kita dianggap membantu peningkatan kualitas pendidikan masyarakat," terang Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana kepada SINDOnews. 

Menurut Syahban Sammana, penghargaan yang diterimanya Sabtu (15/12/2018) di Jakarta itu sangat membuatnya semakin bangga, sebab dari seluruh pemerintah kabupaten kota se-Indonesia yang memprogramkan beasiswa, Pangkep satu-satunya yang dianugrahi penghargaan tersebut.

Data SINDOnews, untuk tahun 2018, Pemkab Pangkep telah menyerahkan beasiswa SPP mahasiswa kepada 4500 lebih. Sementara tahun 2019 nanti jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai lima ribu mahasiswa. Selain itu, untuk memuluskan program ini, Pemkab Pangkep membangun MoU (Memorandum of Understanding) dengan perguruan tinggi se Indonesia dan luar negeri.

"Saat ini kita sudah MoU dengan 90 perguruan tinggi se Indonesia dan dua perguruan tinggi dinluar negeri yaitu di Kairo, Mesir dan di China," lanjut Syahban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pangkep, M Idris Sira mengatakan, saat ini pihaknya masih menerima proposal pengajuan dari para mahasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa, para mahasiwa cukup memgajukan permohonan ke pemerintah dengan melampirkan kartu keluarga, kartu mahasswa serta jumlah biaya SPP dari kampus masing-masing. (sumber: sindonews.com)