Rabu, 24 Oktober 2018 - 08:20:09 WIB
Dosen Politani Sebagai Agriculture Counsellor dalam Seminar Kopi Indonesia 2018
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: SEPUTAR KAMPUS - Dibaca: 258 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 15-17 Oktober 2018 telah diselenggarakan peringatan Hari Kopi Internasional di Makasar yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dan Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator bidang Perekenomian, Musdhalifah Machmud, dan dihadiri oleh para Petani dan Pengusaha Kopi dari berbagai wilayah di Indonesia, Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan tamu undangan lainnya.

Pada peringatan Hari Kopi Internasional ini dilaksanakan kegiatan-kegiatan Seminar Kopi Internasional tanggal 15 dan 17 Oktober 2018, Pameran, Field Visit, Perlombaan Barista.  Pada sesi pembukaan, Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, Ratu Silvy Gayatri mewakili Kementerian Luar Negeri RI turut memberikan sambutan.

Pada acara Seminar Kopi Indonesia, Sekretaris Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa bertindak sebagai Moderator. Narasumber pada seminar adalah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman; Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Eddy Siswanto; Agriculture Counsellor dari Politani Pangkep, Dr. Reta, S.TP., M.Si;Kingdom of the Netherlands to Indonesia, Malaysia and Singapore, Louis Beijer; Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia, Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS; dan Wakil Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Pranoto Soenarto.

Dr. Reta, S.TP., M.Si. menyampaikan materinya sebagai Agriculture Counsellor dengan topik "Peningkatan Kapasitas dan pemberdayaan wanita dalam penelitian kopi." Topik ini berkaitan dengan bagaimana peran perempuan peneliti kopi saat ini yang masih sangat kurang, dan juga dijelaskan tentang beberapa hasil riset beliau tentang kopi yang sudah bisa dijual sekarang.