Rabu, 25 April 2018 - 07:47:05 WIB
Workshop Perpustakaan Online Politani Pangkep
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: PROGRAM - Dibaca: 163 kali

Dalam rangka perluasan akses Perpustakaan Online Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) menyelenggarakan workshop perpustakaan online dengan tema “Workshop Perluasan Akses Perpustakaan Online Politani Pangkep Sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil” berlangsung di Teleconverence Politani Pangkep Senin 19 s/d 22 Maret 2018 pukul 08.00 s/d 17.00 Wita. Peserta workshop selain staf jurusan dan perpustakaan Politani Pangkep melibatkan staf perpustakaan sekolah SMA dan SMK kabupaten Barru dan kabupaten Pangkep serta bekerja sama dengan Perpustakaan UNHAS dan Perpustakaan Nasional wilayah Sulawesi Selatan sebagai narasumber.

Pembukaan Workshop dihadiri para petinggi Civitas PPNP antara lain Wakil Direktur I (Adam Rahman,S.Pi, M.Si), Wakil Direktur II (Ir. Baso Darwisah, MP.), Ketua UPT Perpustakaan (Jamaluddin,S.Hum) para Dosen serta pemateri dari UNHAS (La Tommeng, S.Sos, M.I.Kom.)

“Perpustakaan salah satu unit layanan yang sangat penting dalam mendukung aktivitas pembelajaran dan penelitian yang ada di Perguruan Tinggi maupun  sekolah. Di era kemajuan industri informasi dan teknologi staf perpustakaan harus memiliki SDM yang baik, terampil dan kreatif dalam memberikan pelayanan”. Ungkap Direktur PPNP Dr.Ir.Darmawan MP.

“Dengan pertimbangan dan pemikiran serta komunikasi dengan tim UNHAS dan perpustakaan Nasional wilayah Sulawesi Selatan sehingga kegiatan workshop perpustakaan dapat terlaksana dengan baik, dengan harapan perpustakaan Politani Pangkep bisa dikembangkan bukan hanya di Politani tetapi dapat di akses secara luas  sampai ke pulau dan daerah terpencil dengan model akses berbasis website online. Harapan Direktur kepada peserta workshop agar membentuk grup WA untuk menjalin komunikasi ”.

Workshop dipandu narasumber yang berkompeten dibidangnya hari pertama oleh La Tommeng,S.Sos,M.I.Kom, Koordinator TIK Perpustakaan UNHAS dan divisi informasi PTIK Unhas, materi Sistem Otomasi Perpustakaan secara Terintegrasi dan Pendaftaran Anggota Perpustakaan Nasional RI. Hari kedua Lukman Syafii, S.Si,M.Si Dosen Ilmu Komputer UNHAS dan UMI dengan membawa materi Sistem basis data Inlislite, Menu Pendaftaran Anggota dan Menu Sirkulasi dan praktek. Hari ketriga Rasman S,Sos Fungsional Pustakawan UNHAS dan Muhammad Yunus, S.Sos,MAP dari Perpustakaan Nasional Makassar dengan materi Penginputan buku dan penginputan Data Repositori.

 

”Sangat mengapresiasi pihak kampus yang telah memfasilitasi kegiatan workshop perpustakaan Online” ujar M.Arif Hamsah,S.Sos,M.Adm.SDA  Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep  saat penutupan workshop perpustakaan Online sekaligus penyerahan sertifikat. (Humas/Caya)